Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Museum Ullen Sentalu

3 min read

museum ullen sentalu kaliurang yogyakarta

Sedang berkunjung ke Kota Jogja? Daerah istimewa ini memang terkenal akan destinasi alamnya seperti Goa Jomblang atau Pantai Parangtritis. Tapi cobalah untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu untuk sensasi trip yang lebih beragam.

Museum Ullen Sentalu Jogja menyuguhkan beragam instalasi seni unik dengan umur dan jenis yang berbeda beda. Rasanya akan seperti menjelajahi waktu hingga berabad-abad yang lalu. Ditambah dengan suasana sekitar yang begitu asri membuat pengunjung merasa tenang.

Sejarah Museum Ullen Sentalu

@rizky_yz

Siapa sangka Ullen Sentalu Museum memiliki sejarah unik dibalik pembuatannya. Tempat yang juga disebut dengan Museum Kaliurang ini dulunya diresmikan oleh Sri Paduka Paku Alam VIII, dengan tujuan mulia melestarikan kebudayaan Jawa.

Ullen Sentalu Kaliurang diresmikan secara langsung pada tanggal 1 Maret 1997. Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari frasa berbahasa Jawa “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang artinya nyala lampu kehidupan.

Arti museum selanjutnya direpresentasikan ke arah pengharapan museum, yakni jendela pembuka peradaban seni dan budaya Jawa, sekaligus jembatan komunikasi bagi generasi muda. Menarik, bukan makna yang terkandung di dalamnya?

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

@jalikarta

Untuk bisa mengunjungi epiknya museum terindah ke 2 di Indonesia ini tentu Anda harus mengeluarkan nominal tertentu. Perlu diperhatikan ada perbedaan tarif antara pengunjung domestik dengan pengunjung mancanegara begitu pula dengan harga tiket untuk dewasa dan anak.

1. Pengunjung Domestik

  • Dewasa : Rp40.000,-
  • Anak : Rp20.000,-

2. Pengunjung Mancanegara

  • Dewasa : Rp100.000,-
  • Anak : Rp60.000,-

Perlu diketahui juga Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta memiliki jam operasional yang unik. Setiap senin museum tutup namun sisa harinya dalam seminggu museum selalu buka. Berikut jam buka Ullen Sentalu:

  • Selasa-Jumat: 08.00-16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.30-17.00 WIB

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Tidak kalah tenar dari museum di Jogja lainnya seperti Museum Gunung Merapi, museum ini justru didatangi saat mencari ketenangan. Walaupun terletak di dekat pusat kota, kehadirannya berhasil menenangkan siapapun yang berkunjung.

Alamat Museum Ullen Sentalu berada di Jl. Boyon, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa datang berkunjung anda bisa memilih beberapa opsi untuk sampai ke lokasi, yakni:

1. Mengikuti Rute Jalan Utama dari Pusat Kota

Rute paling umum anda bisa menyusuri jalan utama sekitar 25 Km dari pusat Kota Jogja untuk bisa sampai ke tujuan. Jarak tempuh memakan sekitar 45 menit untuk sampai pas di depan gerbang Kaliurang.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi cukup mengikuti rute berikut:

  • Masuk ke Jalan Kaliurang lalu ikuti jalan ke arah utara kurang lebih 18 Km.
  • Masuk ke Jalan Palagan Tentara Pelajar ke arah utara 10 Km belok kanan hingga menemukan Pulowatu, lalu belok kiri di pertigaan Pasar Pakem, lalu ikuti jalan sekitar 6 Km.

3. Menggunakan Kendaraan Umum

Bis juga mengunjungi museum menggunakan kendaraan umum. Pertama Anda harus menaiki bus Trans Jogja rute 2B atau 3B. Setelahnya turunlah di Halte Ring Road Keuntungan. Lalu perjalanan disambung dengan kendaraan umum angkot.

Turunlah di depan objek wisata Kaliurang lalu Anda harus berjalan sejauh 300 meter ke dalam untuk bisa menjangkau museum ini. Tidak perlu takut kelelahan karena sepanjang perjalanan anda tidak akan merasa sendiri oleh keramaian sekitar.

Keunikan Museum Ullen Sentalu

@odri_chen

1. Tadinya Merupakan Instalasi Pribadi

Patut diketahui bahwa dulunya museum ini merupakan instalasi seni pribadi milik keluarga keturunan bangsawan Haryono. Keluarga ini sangat mencintai seni juga peninggalan sejarah Jawa.

Karena kecintaannya koleksinya dihibahkan dan dimuseumkan. Selain dari keluarga Haryono, koleksi museum juga di dapat dari sesepuh keluarga Kerajaan Mataram juga Yayasan Ulating Blencong.

2. Tidak Sembarang Karya Boleh di Foto

Unik sekaligus memiliki pantangan beberapa karya museum di Jogja ini tidak bisa bahkan dilarang di foto sembarangan, karena inilah sedikit sekali foto koleksi yang tersebar di internet. Untuk menikmatinya Anda harus datang sendiri ke museum ini.

3. Koleksi Artefak dari Zaman Kuno

Terdapat juga koleksi artefak dari zaman kuno seperti halnya dari zaman kerajaan Mataram. Ini dikarenakan salah satu penyumbang artefak berasal dari keluarga keturunan langsung Kerajaan Mataram.

Koleksi langka sekaligus bernilai bisa dilihat secara langsung hanya dengan membayar nominal yang tidak begitu mahal. Wisata edukasi ini juga bisa jadi ajang menenangkan jiwa manusia.

4. Membuka Trip Khusus Pengunjung Mancanegara

Pihak pengelola juga membuka trip khusus untuk turis internasional yang dimulai sejak pagi hari. Program ini tentu jadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong luar negeri untuk merasakan trip privat.

Trip khusus ini nantinya akan dipandu langsung oleh pemandu wisata dengan penguasaan bahasa yang baik. Tidak cukup bahasa, pemahaman mereka tentang seluruh karya seni atau artefak.

Aktivitas yang Menarik

ullen sentalu museum
@rodri_chen

1. Berkeliling Menikmati Karya Langka

Peneliti menyebutkan bahwa dengan melihat sebuah karya secara mendalam akan meningkatkan ketenangan jiwa. Ini jadi hal sekaligus aktivitas menarik karena hanya dengan memasuki museum berarti anda sedang menghampiri ketenangan.

Anda bisa menjernihkan pikiran lewat cara yang sedikit berbeda dengan cara yang biasanya. Ingin mengerti lebih dalam tentang karya yang dipajang? Anda bisa memanfaatkan fasilitas pemandu wisata.

2. Mencicipi Ramuan Awet Muda

Setelah sedikit lelah berkeliling museum Anda bisa beristirahat sambil disuguhi minuman wedang hangat. Minuman ini akan disuguhkan kepada setiap pengunjung di akhir sesi keliling museum.

Konon katanya minuman ini adalah ramuan awet muda ala permaisuri Keraton Jogja. Terlepas dari mitosnya, minuman ini terbukti bisa menghangatkan diri dan mengembalikan semangat seperti semula.

3. Mengunjungi Objek Wisata Lainnya

Objek wisata ini ternyata dekat dengan objek wisata lainnya, sehingga memudahkan siapa pun untuk berpindah destinasi wisata dalam satu hari yang sama. Anda yang menyukai paket trip yang lengkap tentu bisa datang ke museum ini.

Fasilitas

Menyandang gelar museum terbaik di Indonesia, museum ini tentu memiliki fasilitas yang mendukung. Fasilitas ini bisa digunakan oleh setiap pengunjung. Anda salah satunya, bila berkunjung bisa memanfaatkan 3 fasilitas layanan utama dari museum ini.

1. Pemandu Wisata

Ingin mengenal karya lebih jauh? Anda bisa menyewa atau mengikuti pemandu wisata yang sedang memandu perjalanan mengelilingi museum. Biasanya layanan untuk turis mancanegara disediakan jadwal yang berbeda.

2. Tempat Istirahat

Tersedia tempat yang luas untuk mengistirahatkan otot kaki yang sudah lama digunakan. Tempat istirahat sangat nyaman didukung dengan tersedianya kedai kecil penjual kudapan.

3. Tempat Sanitasi yang Baik

Tempat sanitasi baik sanitasi ringan maupun sedang tersedia dengan sangat baik. Bagi pihak pengelola kebersihan, keberadaan tempat sanitasi tentu jadi hal utama yang harus diperhatikan.

Berminat untuk berkunjung ke Museum Ullen Sentalu? Ada baiknya Anda datang dari pagi hari untuk puas menjelajahi isi museum. Selain museum unik ini, Anda bisa mengunjungi Tebing Breksi sebagai destinasi wisata Jogja lainnya.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *