Mangut Lele Mbah Marto

1 min read

lokasi mangut lele mbah marto

Mangut Lele Mbah Marto – Halo sobat traveler, Kota Yogyakarta memang terkenal dengan kuliner khas yang sangat enak dan murah, yang sudah termasyhur yaitu Gudeg. Namun bukan berarti makanan-makanan tradisional khas Jogja lainnya tidak menarik untuk dicoba. Ada banyak sekali makanan khas jogja yang sudah melegendaris di Yogyakarta dan dijamin bisa memanjakan lidah para pecinta kuliner. Diantaranya mulai daru Sate kambing, angkringan, aneka soto, bahkan makanan jajanan oleh-oleh seperti bakpis.

Dari beberapa makanan khas jogja tersebut, ada salah satu tempat makanan yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Yogyakarta, yaitu Mangut Lele Mbah Marto.

Apa Sih Mangut Lele itu?

Bagi kalian yang suka dengan masakan pedas, di Jogja ini terdapat banyak pilihan makanan yang bisa di coba. Selain Oseng-oseng Mercon Bu Narti juga ada Mangut Lele Mbah Marto yang tak kalah pedasnya. Mangut lele merupakan ikan lele yang diasap atau dibakar, kemudian disajikan dengan bumbu pedas yang sangat nikmat banget.

Perbedaan dan khas dari Mangut Lele dari Mbah Marto dengan yang lainnya, rasanya yang unik yang dibuat dari racikan bumbu rahasia. Jadi dari zaman dahulu sampai sekarang cita rasa nya tidak pernah berubah.

Sejarah Mangut Lele Mbah Marto

harga mangut lele mbah marto

Asal mula menurut salah satu pegawainya, dulu Mbah Marto menjajakan dagangannya di Kota Yogyakarta. Tetapi semakin tambah usianya saat ini Mbah Marto sudah menetap disuatu tempat untuk melayani para pembeli. Mbah Marto sudah berjualan sejak tahun 1970, yang mana sampai sekarang konsepnya tidak bisa berubah.

Harga makanan khas legendari Jogja ini pun juga relatif murah. Maka dengan itu, sangat banyak peminatnya dan setiap hari selalu ramai dengan pelanggan.

Sebelum melegenda dan menjadi makanan khas kota jogja yang wajib di coba, ternyata Mangut Lele yang dijajakan oleh Mbah Marto dahulu kalanya mengalami pasang surut. Sejak awalnya, Mbah Marto berjualan nasi gudeg, sambel krecek, opor ayam dan yang terakhir ini mangut lele yang sampai sekarang masih bertahan.

Dulunya Mbah Marto menjajakan dagangannya dengan berkeliling menggendong bakul bambu yang berukuran besar di sekitaran Kota Yogyakarta. Selain itu Mbah Marto juga sering mangkal di Pasar Beringharjo. Namun sering berjalannya waktu sekitar tahun 1989 yang lalu, Mbah Marto memutuskan tidak berkeliling lagi dan membuka warung di kediamannya.

Lokasi Mangut Lele Mbah Marto

makanan khas jogja mangut lele

Warung yang juga dijadikan kediaman Mbah Marto ini berada di Dusun Nggeneng, Sewon, Bantul, Jogja. Lebih tepatnya berada di belakang kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Warung sederhana lele Mbah Marto ini terbilang tersembunyi dengan akses jalan yang mblusuk. Namun, hal tersebut tidak menghalangi orang-orang untuk berbondong-bondong mencoba masakan lele buatan dari Mbah Marto ini.

Jam Buka dan Menu yang Tersedia

menu mangut lele mbah marto

Warung Mangut Mbah Marto buka setiap harinya, jadi Anda bisa datang untuk mencoba masakan Mbah Marto kapan saja. Asalkan Anda datang diwaktu pukul 10.00 sampai 16.00 WIB. Disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menelusuri lokasinya yang cukup tersembunyi dan agar tidak antri panjang.

Sepeti halnya namanya yang sudah melegenda di Kota Yogyakarta, Warung Mbah Marto memiliki menu utama yaitu mangut lele, namun ada juga menu lain seperti lauk tradisional khas Jawa dan sayuran-sayuran lainnya. Tak lupa makanan khas Jogja Gudeg juga ada disini, biasanya para pengunjung menambahkan gudeg dengan Mangut Lele.

Nah, begitulah sedikit gambaran mengenai Mangut Lele Mbah Marto ini. Jangan lupa untuk mencobanya saat berkunjung di Kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *