Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Pantai Indrayanti

3 min read

wisata pantai indrayanti

Siapa tak suka berkunjung ke pantai? Suasana tenang perpaduan biru laut dengan tekstur pasir yang khas membuat siapapun ingin selalu berkunjung. Salah satu destinasi unggulan yang juga banyak direkomendasikan adalah Pantai Indrayanti, yang sangat populer di kota ini.

Garis pantai yang melengkung ditambah pasir putihnya mampu membuat siapapun betah hanya dengan berdiam diri. Selain menikmati pemandangannya dengan tenang, wisata Pantai Indrayanti juga menyuguhkan banyak aktivitas lain yang tentunya bisa dicoba bersama teman maupun keluarga.

Sejarah Pantai Indrayanti

wisata pantai indrayanti
@rizky_ardhy

Awalnya Pantai Indrayanti Jogja dikenal dengan nama Pantai Pulang Sawal, pemerintah sendiri yang memberi nama tersebut. Tidak sedikit juga yang akhirnya menyebut Pantai Pulsa untuk menyingkat penamaan objek wisata.

Lalu dari mana datangnya sebutan Indrayanti? Nama tersebut datang dari salah satu cafe resto yang ada di pesisir pantai. Banyak sumber menyatakan bahwa penamaan berasal dari nama sepasang suami istri. Kini jadilah sebutan Pantai Indrayanti Jogjakarta yang ternyata lebih melekat.

Walaupun masih bagian dari pantai selatan, mitos Pantai Indrayanti sama sekali tidak terdengar. Justru pantai ini dikenal dengan pantai yang tenang dengan lingkungan yang bersih.
Bahkan bila terlihat pengunjung yang sengaja membuang sampah sembarangan akan langsung didenda oleh petugas.

Karena hal itu juga pantai ini terjaga kebersihan dan keindahannya. Anda sebagai pengunjung tentu harus ambil alih dalam menjaga keasrian objek wisata pesisir Pulau Jawa, agar bisa kembali dikunjungi dengan kondisi yang tetap baik.

Lokasi Pantai Indrayanti

gambar pantai indrayanti
@ephework

Wisata pantai Jogja ini ternyata bersebelahan dengan pantai lain yakni Pantai Sundak di sebelah timurnya, dan secara administratif pantai ini berada di bagian Desa Sidoharjo tepatnya Dusun Ngasem, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.

Indrayanti Beach, begitu orang asing mengenal objek wisata eksotis ini ternyata terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja. Hanya dengan estimasi waktu 1 jam 30 menit Anda bisa merasakan sensasi fresh langsung dari alam terbuka.

Pantai Gunung Kidul ini jadi destinasi pilihan karena bila ditinjau dari lokasinya, menjadi pantai pesisir pantai baronyang juga bisa dijangkau dalam satu kali jalan. Bila Anda sedang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta sempatkanlah datang ke tempat ini.

Rute Menuju Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogja
@anif.saiful

Jarak Malioboro ke Pantai Indrayanti sebenarnya terbilang cukup jauh, namun karena aksesnya yang lancar banyak pengunjung yang menyebutnya dekat. Rute malioboro ke pantai ini juga jadi rute paling populer untuk pergi berkunjung.

Peta pantai Indrayanti bisa dilihat melalui peta digital. Tidak masalah juga bagi Anda untuk berjalan sambil bertanya ke warga sekitar. Nantinya warga sekitar akan menunjukan rute dengan senang hati. Namun diluar cara tersebut, ada dua rute utama yang bisa jadi pilihan.

  • Rute Ring Road

Rute dimulai dari Jogja menuju Wonosari diteruskan ke daerah Piyungan melewati Patok hingga tembus ke Tepus. Bila sudah mencapai Tepus maka Anda hanya perlu mengikuti jalan lurus menuju pantai.

  • Rute Baron

Rute ini dijadikan rute alternatif. Berangkat lewat Jl. Imogiri lalu tembus ke Panggang hingga Trowono. Nantinya jalan ini kan tembus hingga Pantai Baron. Dari tempat tersebut Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke sebelah Timur dengan jarak tempuh kurang dari 10 Km.

Jalan menuju Pantai Indrayanti kini sudah banyak diperhalus, sehingga nyaman untuk dilalui. Namun, ada baiknya untuk mempersiapkan fisik kendaraan secara prima untuk perjalanan yang lebih menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

tiket masuk pantai indrayanti
@aviepudin18

Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk masuk ke objek wisata ini? Tenang Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000,- saja per orangnya. Setelahnya Anda bisa puas bermain bahkan hingga menetap di pantai nan tenang ini.

Untuk biaya parkir sendiri dikenakan tarif yang berbeda. Tergantung jenis kendaraan yang dititipkan, umumnya untuk parkir dipatok harga Rp5.000,- hingga Rp10.000,- untuk parkir per harinya. Cukup murah, bukan?

Tiket masuk Pantai Indrayanti yang terjangkau ternyata dapat menyuguhkan Anda pemandangan yang spektakuler. Beningnya air laut berpadu dengan halusnya pasir pantai bisa dinikmati sejenak setelah membayar tiket masuk.

Anda yang penasaran duluan bagaimana bentuk wajah pantai tenang ini bisa mencari gambar Pantai Indrayanti terlebih dahulu, di laman Instagram maupun pencarian di Google. Persiapan matang pun bisa dilakukan sebelum berangkat.

Penginapan di Pantai Indrayanti

jarak malioboro ke pantai indrayanti
@egadwiam

Bagaimana dengan penginapannya? Tentu saja pantai ini juga menyediakan penginapan untuk para pelancong yang ingin menetap baik dalam jangka waktu singkat maupun panjang pantai Indrayanti Gunung Kidul ini. Tak kalah dari objek wisata lainnya, berikut fasilitas penginapan yang diberikan:

1. Pilihan Kamar yang Beragam

Tidak kalah hebat bersaing dengan destinasi pantai lain, penginapan atau hotel di pantai Indrayanti turut menyediakan pilihan kamar yang beragam, mulai dari luasnya, jumlah tempat tidur hingga furniture di dalamnya.

Pilihan ini sengaja dibuat untuk mempermudah pendatang dalam penyesuaian kamar dengan kebutuhannya. Anda tentu bisa leluasa memilih kamar mana yang akan disewa. Terlepas dari pilihan yang beragam, penginapan mematok harga yang cukup murah.

2. Toilet Pribadi

Kenyamanan pengunjung juga jadi hal yang diperhatikan. Toilet sengaja dibuat secara pribadi alias tidak lagi menyatu dengan pengunjung lain. Konsep penginapan dengan toilet pribadi jadi daya tarik tersendiri.

3. Warung Makan 24 Jam

Pengelola juga memaksimalkan pelayanan untuk kepuasan perut pengunjung. Pihak penjaga warung makan selalu siap sedia menyediakan berbagai makanan untuk tamunya, tidak tanggung selama 24 jam.

Berbagai makanan khas kunjungan, seperti mie instan rebus, minuman hangat hingga cemilan ringan bisa Anda beli. Dijamin liburan Anda tidak akan terasa buruk berkat hadirnya warung makan serba ada ini.

4. Keamanan Terjamin

Selain kenyamanan, keamanan parkir kendaraan juga terjamin. Lahan parkir yang tersedia dilengkapi dengan penjaga malam. Hal ini jadi jaminan untuk kendaraan Anda agar tetap berada pada posisinya.

Selebihnya Anda bisa menikmati liburan tenang di pantai tanpa memikirkan hal lain. Fasilitas ini ditawarkan oleh hampir semua pihak penginapan. Tinggal pintar-pintar memilih penginapan, ya.

5. View Indah Lepas Pantai

Pantai Pasir Putih Jogja nan indah menjadi salah satu daya tarik pantai. Maka pihak pengelola banyak yang memanfaatkannya sebagai salah satu fasilitas pendukungnya. View indah lepas pantai bisa dilihat dari jendela penginapan.

Ini memungkinkan siapapun untuk tetap bisa menikmati indahnya Pantai Indrayanti Wonosari, bahkan dari dalam kamar penginapan secara gratis. Fasilitas ini tentu hanya bisa didapatkan di pantai ini.

Penginapan sebenarnya bisa juga dibooking via online. Jadi, ketika Anda sampai penginapan sudah siap dihuni. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk Anda melakukan penyewaan langsung di tempat ketika berkunjung.

Tidak kalah cantik dari Pantai Sepanjang jogja lainnya seperti Pantai Baron dan Pantai Sundak, Pantai Indrayanti menyimpan keindahan alam sekaligus tenangnya atmosfer luar rumah. Tidak jauh dari pusat Kota Jogja, pantai yang terletak di Gunung Kidul ini tentu bisa jadi destinasi terbaik.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *