Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Coban Rondo

3 min read

Malang, kota dengan luas sekitar 145 km² selain terkenal dengan Kebun Apel Batu, tapi juga terkenal akan objek wisata alamnya. Salah satu yang jadi kebanggaan yakni wisata khas alam terbuka Coban Rondo.

Air terjun dengan bentuk unik ini telah lama jadi magnet bagi para pelancong untuk datang berkunjung. Hawa sekitar Air Terjun Coban Rondo Malang, Jawa Timur ini terasa sejuk sekaligus menenangkan, cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan.

Sekilas Air Terjun Coban Rondo

coban rondo batu
@iqbal.pratama_

Pada tahun 1980 wisata Coban Rondo Malang mulai dibuka untuk pengunjung umum. Wisata air terjun ini terkenal akan keindahannya. Atmosfer segar dikelilingi tebing tinggi dengan pepohonan rimbun membuat siapapun betah berlama lama.

Anda yang memiliki rencana mengunjungi objek wisata ini, tapi ingin mengetahui wujud terbaru bisa mencari gambar Coban Rondo di internet atau Instagram. Banyak orang yang telah mengunjungi sekaligus mengabadikan momen seru di tempat ini.

Lokasi Air terjun Coban Rondo

alamat coban rondo

Coban Rondo Malang tepatnya terletak di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Malang. Bila dilihat, alamat ini masih mudah diakses bahkan dari luar kota. Jadi, Anda yang tengah berkunjung ke kota ini tidak ada salahnya menyisihkan waktu untuk datang berkunjung.

Coban Rondo Batu dengan segala keindahannya siap menyambut siapapun yang berkunjung. Lokasinya wisata yang masih asri dengan dikelilingi pepohonan hijau, ampuh mengembalikan ketenangan jiwa.

Lokasinya yang berdekatan dengan hutan pinus tentu memberi sensasi yang berbeda dengan objek wisata lain. Anda bisa merasakan 2 destinasi wisata sekaligus, yakni Wisata Alam Pegunungan Pinus dan sensasi sejuknya air ala Air Terjun Coban Rondo.

Rute Menuju Air Terjun Coban Rondo

wisata coban rondo malang

Alamat Coban Rondo yang cukup familiar membuat siapapun bisa dengan mudah mengakses objek wisata ini. Anda bisa mengakses peta Coban Rondo secara digital agar mudah mencari petunjuk jalan. Namun, untuk berjaga ada rute mudah yang bisa coba dipahami dan langsung ikuti.

  • Naik Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang pergi menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk mengikuti rute jalan menuju Kota Batu. Setelahnya ikuti jalan menuju Desa Wisata Pujon Kidul, ikuti terus jalan ini hingga menemukan persimpangan dengan tugu sapi.

Bila telah menemukan tugu, Anda tinggal ikuti jalan masuk ke dalam Gang Sapi. Dari sini Anda cukup menyusuri jalan hingga menemukan destinasi air terjun. Tidak perlu takut kebingungan karena destinasi berjarak dekat dari posisi awal masuk gang.

  • Naik Kendaraan Umum

Bertolak dari kota Malang, Anda bisa pergi ke terminal bus Landungsari. Siapkan kocek Anda karena akan menaiki bus jurusan Kediri-Mtaman selecta batualang PP. Nikmati perjalanan hanya dengan duduk duduk sekitar 40 menit dalam bus.

Lalu Anda bisa turun di pertigaan dengan patung sapi. Setelahnya masuklah ke Gang Sapi Anda bisa meminta ojek untuk mengantarkan hingga sampai tujuan atau berjalan kaki menyusuri jalan untuk sampai. Anda pilih yang mana?

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo malang jawa timur
@yasir_nst

Berapa htm Coban Rondo sekarang? Objek air terjun memiliki patokan harga yang berbeda untuk pengunjung domestik dan luar negeri. Patokan harga juga bisa berbeda tergantung pada hari kunjungan. Berikut listnya:

  • Kunjungan hari biasa:

– Pengunjung domestik: Rp15.000,-
– Pengunjung mancanegara: Rp25.000,-

  • Kunjungan hari libur atau weekend:

– Pengunjung domestik: Rp18.000,-
– Pengunjung mancanegara: Rp30.000,-

Tiket Coban Rondo nantinya bisa digunakan sebagai tanda masuk, sekaligus kenang kenangan pernah mengunjungi objek wisata ini. Satu tiket bisa digunakan untuk menjelajah atau berdiam diri sepuasnya di dalam objek wisata.

Asal Usul Coban Rondo

coban rondo malang
@ystkprstyn

Legenda Coban Rondo sudah banyak disengat dan jadi cerita tersendiri di kalangan masyarakat sekitar. Bukannya menakuti, justru legenda ini menambah daya tarik destinasi wisata. Selain itu jadi bahan penghormatan warga sekitar terhadap alam.

Misteri Coban Rondo berawal dari kisah sepasang pengantin muda dengan umur pernikahan 36 hari, atau yang disebut juga selapan. Keduanya ingin mengunjungi Gunung Anjasmara yang ternyata perjalanannya dilarang oleh orang tuanya.

Sampai di tengah jalan bertemulah mereka dengan Joko Lelono yang terpikat akan kecantikan alami dari sang istri. Perkelahian sengit antara sang suami dan Joko terjadi hingga 3 malam.

Sementara sang istri disuruh untuk bersembunyi di air terjun tanpa tahu ternyata suaminya telah meninggal.

Sejak saat itulah air terjun dinamai Coban Rondo yang memiliki arti air terjun rondo atau janda. Kisah Coban Rondo kini dikenal sebagai legenda atau mitos masyarakat yang patut dijaga kelestariannya, sembari juga menjaga kelestarian alam objek wisata. Menarik, bukan?

Aktivitas Air Terjun Coban Rondo

Jam buka Coban Rondo dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Bila melihat jam operasional tersebut Anda bisa menggali sendiri kegiatan atau aktivitas apa yang ingin dilakukan. Selain menikmati indahnya air terjun, objek wisata ini juga punya aktivitas menarik lainnya.

1. Free Walk dan Tubing

Ada wahana free walk dan tubing bagi Anda yang menyukai aktivitas alam terbuka. Tubing harus dilakukan dalam keadaan sehat. Rute tubing tergolong cukup menantang, namun jangan khawatir Anda akan ditemani oleh pemandu berpengalaman.

2. ATV

Tersedia juga penyewaan ATV bagi siapapun yang ingin menjelajah daratan pinus. Anda bisa menyewa ATV dengan minimal durasi 30 hingga 60 menit. Tidak kalah seru Anda bisa mengadakan lomba untuk menciptakan keseruan tersendiri.

3. Panahan

Lain dari aktivitas bergerak masiv, Anda juga bisa coba menjajal serunya panahan di alam terbuka. Tersedia juga aktivitas panahan yang dijamin membuat Anda ketagihan.

4. Paintball

Mencari aktivitas yang bisa dimainkan bersama banyak teman, maka paintball bisa jadi pilihannya. Permainan perang cat warna ini dijamin seru dan tidak terlupakan. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena aktivitas ini bisa dilakukan dengan harga terjangkau.

5. Berfoto

Siapa tidak suka berfoto? Wisata terpadu Coban Rondo menyediakan banyak spot foto ikonik yang cocok dijelajahi oleh para pengunjung, mulai dari latar belakang pegunungan hingga latar belakang air terjun, semuanya keren untuk dijadikan spot foto.

6. Menelusuri Labirin

Ya, objek wisata ini juga memiliki labirin yang cukup besar. Hanya dengan membanderol kocek Rp10.000,- per orang Anda bisa berpusing pusing di dalam labirin. Bukan hanya itu, latar di dalam labirin juga cocok dijadikan spot foto.

7. Camping

Merasa betah di alam terbuka? Tentu saja Anda bisa lebih lama tinggal dengan membuka tenda. Tersedia camping ground bagi siapapun yang ingin tinggal lebih lama. Area camping ground berada dekat hutan pinus jadi dijamin aman.

Fasilitas di Kawasan Coban Rondo

Berbicara tentang fasilitas, wisata alam Coban Rondo waterfall memiliki fasilitas yang sangat baik dan mendukung untuk para pengunjungnya, mulai dari kios warung makanan, mushola, camping ground, souvenir center, hingga pendopo.

Tidak kalah menarik dengan wisata Taman Selecta Batu Anda bisa pergi dari pagi untuk kebun apel batumenjajal seluruh aktivitas di dalamnya. Siapkan fisik juga budget yang memadai. Siap siap untuk dapat pengalaman baru, ya. Pokoknya wisata di Coban Rondo tidak akan mengecewakan.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *