Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Goa Jomblang

3 min read

goa jomblang jogja

Jogja merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia yang memiliki beragam tempat wisata. Selain lokasinya yang berdekatan dengan pantai selatan, Jogja juga dilengkapi berbagai tebing dan goa. Salah satu goa yang sangat terkenal di Jogja adalah goa Jomblang.

Berbeda dengan wisata goa di Jogja pada umumnya, bentuk goa ini vertikal. Jadi, untuk memasukinya tidak dengan membungkuk memasuki lubang, tapi menuruni area goa yang berbentuk vertikal. Bentuk goa yang langka ini membuat bagian dalam goa bisa ditembus cahaya matahari.

Sejarah Singkat Goa Jomblang

goa jomblang biaya
@zyokotaro

Dibalik bentuknya yang unik dan keindahan destinasi di dalamnya, goa Jomblang Gunung Kidul memiliki sejarah yang buruk. Lokasi goa vertikal yang dalam ini dulunya kerap kali digunakan untuk membunuh anggota PKI secara massal, bahkan sampai menyisakan banyak kerangka manusia.

Cara membunuhnya terbilang cukup sadis, dimana para anggota PKI berbaris dan diikat antara yang satu dengan lainnya. Sementara tawanan paling depan berada di mulut goa. Saat hendak dibunuh, tawanan paling depan ini ditembak mati, sehingga barisan belakang ikut terseret jatuh dalam goa.

Sebagai tempat pembunuhan, tentu ada kisah misteri di dalamnya. Konon ada beberapa penjelajah yang sempat hilang ataupun mengalami kejadian mistis di goa ini. Setelah dilakukan pengajian oleh masyarakat setempat, tidak ada lagi kisah misteri di dalamnya hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang Gunung Kidul
@celetraveldiary

Bagi masyarakat setempat, tentu tidak dikenai biaya tiket masuk atau gratis. Namun, tetap harus minta izin dahulu kepada kepala dukuh di daerah ini. Selain itu, jika masuk secara gratis, maka wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri untuk memasukinya.

Jika ingin menyusuri lokasi dengan keamanan yang lebih terjamin, tentu lebih baik menggunakan jasa operatornya yang akan memberikan peralatan lengkap. Biaya masuk dengan bantuan operator dan peralatannya cukup bervariasi, mulai dari Rp450.000,00 sampai Rp1.000.000,00.

Sementara itu, untuk biaya parkirnya tetap akan dikenakan kepada seluruh pengunjung. Tarif untuk jenis kendaraan roda dua adalah Rp3.000,00 saja. Sampai saat ini, belum tersedia tarif khusus untuk kendaraan roda 4 dan kendaraan besar seperti bus.

Rute dan Lokasi Goa Jomblang

goa jomblang jogja
@goklasbobo

Goa Jomblang berlokasi di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya di desa Pacarejo, padukuhan Jetis Wetan. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, waktu tempuh bisa mencapai 1,5 hingga 2 jam.

Jika menaiki kendaraan pribadi, dari kota Yogyakarta Anda bisa melewati jalan Wonosari Semin, lalu belok kiri menuju jalan Karangmojo. Telusuri jalan tersebut sampai di jalan Semanu. Ikuti jalan Semanu sampai melewati masjid dan beberapa belokan. Sampai pertigaan, belok kiri menuju lokasi.

Sementara jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus dari terminal Giwangan dengan jurusan Jogja – Wonosari Simpang Lima – Semanu.

Dari pintu masuk wisata, pengunjung tentu tidak langsung disuguhkan dengan pemandangan goa. Tapi masih berhenti di rumah kepala dusun untuk meletakkan barang. Selanjutnya, masih ada perjalanan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 kilometer untuk sampai ke mulut goa.

Demi mempermudah pengunjung dalam memasukinya, sudah tersedia 3 rute yang bisa ditempuh. Pertama adalah rute pemula dengan kedalaman 15 meter, rute pertengahan dengan jarak 40 meter, serta rute utama dengan jarak 80 meter dari mulut goa menuju dasar.

Objek Wisata yang Menarik

goa jomblang tour
@nala_rinaldo

Saat berwisata mengunjungi goa ini, Anda tentu tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan goa biasa. Tetapi ada beberapa objek wisata menarik yang bisa dinikmati di dalamnya, yaitu :

1. Uji Adrenalin Menuruni Goa Vertikal

Nikmati keseruan menuruni goa vertikal menggunakan peralatan yang disiapkan. Selama menuruni goa, sensasi menyatu dengan alam akan sangat terasa, karena pengunjung benar-benar menginjak bebatuan terjal yang masih alami.

2. Pilar Cahaya Matahari

Dari lubang masuk goa, cahaya matahari bisa menembus hingga ke dalam. Pilar cahaya ini terlihat sangat indah saat menjangkau dasar goa. Selain itu, area di dalam goa akan terlihat lebih terang, sehingga pemandangan dinding dan dasarnya bisa terlihat jelas tanpa lampu.

3. Tempat Surga di Goa Gubruk

Dalam goa Jomblang ternyata masih bisa ditemukan goa lain yang disebut goa Gubruk. Di goa inilah pemandangan bak surga bisa ditemukan. Terlebih saat matahari sudah sampai ke area dasarnya, maka akan terlihat cahaya yang indah dan biasa disebut cahaya surga.

4. Bebatuan Stalaktit dan Stalakmit

Semua goa pasti memiliki pemandangan bebatuan yang unik, yakni stalaktit dan stalakmit yang menggantung pada langit-langit goa. Walaupun pemandangan ini terkesan mistis, tetapi akan menjadi pengalaman langka karena jarang yang bisa melihat secara langsung.

5. Tumbuhan Hidup

Walaupun berada di area dalam dan gelap, banyak tumbuhan yang justru tumbuh subur di dalamnya. Ini disebabkan karena struktur goa masih sangat subur dibandingkan tebing breksi yang sulit ditumbuhi tanaman.

Ini bisa menjadi pemandangan menarik dan menakjubkan. Goa akan terlihat seperti hutan dengan tumbuhan rambat yang cukup lebat serta lumut hijau pada dindingnya.

6. Sungai Bawah Tanah

Suara aliran sungai yang menenangkan sudah bisa didengar dari atas sebelum memasuki goa. Air sungai bawah tanah ini tentunya masih sangat jernih dan segar. Untuk bisa menikmati pemandangan ini, pengunjung harus menyusuri area goa Gubruk terlebih dahulu.

Fasilitas

Objek wisata goa Jomblang ini terbilang agak ekstrim dan menarik. Sayangnya, fasilitas di dalamnya sangat terbatas dibandingkan wisata alam Jogja lainnya. Bahkan demi memberi pelayanan kepada wisatawan, masih mengandalkan partisipasi masyarakat setempat.

Dari segi keamanan, sudah ada operator yang bisa memberikan fasilitas lengkap kepada pengunjung. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati dengan berbayar ataupun gratis adalah:

  • Area parkir yang luas dan aman
  • Peralatan jomblang cave
  • Sepatu boot
  • Coverall
  • Helm keamanan
  • Guide untuk memandu perjalanan menuruni goa
  • Makanan ringan dan minuman
  • Tempat penitipan barang di rumah kepala dusun
  • Kamar mandi di rumah kepala dusun dan membayar seikhlasnya

Waktu yang Tepat Berkunjung di Goa Jomblang

goa jomblang gunung kidul
@richimannuel

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi goa ini adalah saat cuaca cerah dan bukan pada musim hujan. Area yang curam dan rute yang didominasi oleh tanah berpotensi sangat licin dan membahayakan pengunjung saat hujan.

Oleh sebab itu, agar kunjungan lebih aman datangi area ini saat musim panas. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah di dalam goa, pastikan untuk mengunjunginya pada siang hari sekitar pukul 12.00 – 12.30 WIB.

Saat cuaca cerah dan panas, terik matahari akan menembus goa dengan mudah. Saat itulah spot foto menarik dan menyerupai pancaran surga bisa dilihat. Mengunjungi goa pada siang hari juga akan memberikan keuntungan dari segi pencahayaan yang lebih baik tanpa banyak lampu.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berwisata lebih ekstrim dan menantang, objek wisata goa Jomblang sangat tepat untuk dikunjungi. Namun, pastikan kondisi sedang fit saat berkunjung, agar tidak kelelahan dalam perjalanan menyusuri goa.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *