Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Kebun Buah Mangunan

4 min read

peta kebun buah mangunan

Jika mendengar namanya, orang akan mengira bahwa objek utama di Kebun Buah Mangunan adalah kebun buah yang segar. Namun, kebun yang ada di Yogyakarta ini justru terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Keindahan wisata alam ini sangat dipengaruhi oleh lokasi kebun yang ada di dataran tinggi. Kondisi ini mengundang hawa sejuk dan berbagai pemandangan indah khas pegunungan. Salah satu keindahan yang terkenal di sini adalah keberadaan negeri di atas awan.

Sekilas Mengenai Kebun Buah Mangunan

@pamuji.w

Nama kebun buah ini diambil dari lokasi didirikannya, yakni daerah Mangunan yang ada di Yogyakarta. Kebun ini berdiri pada tahun 2003, sehingga tak heran jika banyak koleksi tanaman di dalamnya.

Beberapa jenis tanaman yang di tanam di daerah ini tidak hanya berbagai buah-buahan saja, namun juga pohon pinus dan jati. Luas lahan yang ditanami berbagai pohon ini mencapai 23 hektar, sama dengan Taman Bunga Nusantara yang ada di Cianjur.

Lokasi kebun buah yang sangat strategis menjadi salah satu faktor keindahan yang ada di kawasan ini. Kebun Buah Mangunan berada di antara Pantai Parangtritis dan tidak jauh dari kota Bantul. Selain itu, di dekat kebun ini juga terdapat Sungai Oya yang berkelok-kelok.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah Mangunan berada di Jalan Imogiri – Dlingo, tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute menuju lokasi tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari kota Yogyakarta, bisa melalui Jalan Brigjen Katamso menuju Jalan Kolonel Sugiyono. Ketika bertemu pertigaan belok kanan menuju Jalan Sisingamangaraja hingga sampai di Jalan Imogiri.

Dari sini bisa terus mengikuti jalur sampai Jalan Imogiri – Dlingo. Perhatikan sisi jalan hingga menemukan papan plang menuju wisata kebun Mangunan. Agar lebih mudah, Anda juga bisa melihat langsung peta Kebun Buah Mangunan melalui aplikasi google map.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

@lauraandiny

Harga tiket masuk ke kebun buah ini sangat terjangkau. Semua pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp5.000,00 per orang.

Untuk parkirnya, pada kendaraan roda dua tarifnya adalah Rp3.000,00 saja, sementara mobil hanya membayar parkir Rp5.000,00.

Biaya tiket masuk dan parkir ini belum termasuk beberapa fasilitas berbayar yang ingin dinikmati. Saat akan memasuki salah satu fasilitas berbayar dalam area wisata, pengunjung akan dimintai tarif tambahan.

Objek Wisata Menarik

@galangwnie

Objek wisata yang ada di kebun buah ini tergolong sangat lengkap dan menarik. Tidak heran jika sebagian besar pengunjung yang ke sini menghabiskan banyak waktu untuk berkunjung, bahkan sampai menginap. Berikut beberapa objek wisata menarik di kebun Mangunan:

1. Negeri di Atas Awan

Objek wisata utama yang yang paling banyak diincar pengunjung adalah negeri di atas awan. Pemandangan ini bisa dinikmati saat pengunjung berada pada puncak Kebun Buah Mangunan.
Saat pagi hari, embun akan memenuhi pepohonan di hutan, sehingga dari atas akan terlihat seperti gumpalan awan. Saat itulah pengunjung disajikan pemandangan menakjubkan, yakni negeri di atas awan Jogja.

2. Fenomena Matahari Terbit

Karena berada di daerah yang cukup tinggi, maka pemandangan matahari terbit juga bisa terlihat jelas dari puncak kebun. Pastikan untuk mengunjunginya di waktu yang tepat, yakni sebelum matahari terbit agar bisa menyaksikan fenomena sunrise Mangunan.

3. Melihat Keindahan Pantai Parangtritis dan Kota Bantul dari Gardu Pandang

Gardu pandang Mangunan termasuk dalam fasilitas gratis di kawasan ini. Jadi, semua wisatawan memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan pantai dan kota bantul dari gardu pandang yang tinggi. Selain itu, di sini juga akan terlihat pegunungan serta garis Sungai Oye yang berwarna-warni.

4. Menyaksikan Aneka Tanaman Buah

Sebagai satu-satunya wisata Kebun Buah Mangunan Jogja, tentu objek utamanya merupakan beragam kebun buah. Buah yang ditanam di sini cukup beragam, mulai dari jeruk, pisang, durian, mangga, hingga manggis. Tetapi saat berkunjung biasanya ada beberapa pohon saja yang berbuah.

5. Belajar Pembibitan Sapi

Bagi peternak, pembibitan sapi menjadi objek wisata menarik di area ini. Pengunjung bahkan bisa ikut belajar langsung cara pembibitan sapi yang baik dan benar. Selain itu, cara pengolahan hasilnya, seperti susu, daging, dan pupuk juga diajarkan.

6. Kemah Malam Hari

Keindahan wisata Mangunan juga bisa dirasakan pada malam hari dengan berkemah pada area camping yang sudah disiapkan. Tentunya dengan membayar biaya tambahan untuk menempati area. Tarif per malamnya hanya Rp5.000,00 saja.

7. Sensasi Memancing di Pegunungan

Objek wisata yang tidak kalah menarik di kebun ini adalah area memancing. Penggemar ikan bisa merasakan sensasi memancing di area pegunungan yang dingin. Hasil pancingan bisa diolah di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

8. Hutan Pinus

Keindahan Hutan Pinus Mangunan Jogja menjadi pemandangan yang tidak bisa terpisahkan dari kawasan kebun ini. Penanamannya berada di area khusus yang dipisahkan dengan kebun buah. Di hutan pinus inilah biasanya pecinta alam akan berkemah.

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

@stefanusjessef

Banyaknya objek wisata menarik yang ada dalam Kebun Buah Mangunan Jogja, tentunya sudah didukung dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas ini ada yang diperoleh secara gratis ataupun dengan membayar beberapa biaya tambahan, di antaranya:

1. Area parkir

Walaupun berada di sekitar Bukit Mangunan, area parkir yang disediakan pengelola wisata dipastikan aman untuk berbagai kendaraan. Bahkan saat musim liburan yang padat pengunjung, lokasi parkir ini masih cukup menampung kendaraan roda dua dan empat dalam jumlah banyak.

2. Area Camping

Kebun buah Mangunan yang sangat luas juga sudah menyediakan fasilitas khusus yang sangat digemari pecinta alam, yakni area camping. Jadi, dengan membayar lima ribu rupiah saja pengunjung bisa bermalam dengan tenang, tanpa terganggu wisatawan lain yang tidak melewati area camping.

3. Gazebo

Banyak gazebo yang sudah disediakan untuk pengunjung beristirahat sambil menikmati pemandangan. Gazebo ini diletakkan pada lokasi-lokasi yang strategis, sehingga memungkinkan wisatawan istirahat sambil tetap menyaksikan keindahan alam pegunungan.

4. Penginapan

Jika belum puas mengelilingi semua objek wisata di kebun Mangunan, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan esok hari dan menginap di penginapan sekitar area.

5. Berbagai Outbond

Kebun Mangunan juga sudah menyediakan berbagai wahana outbond yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari yang bersifat santai seperti bersepeda, flying fox, hingga yang menguji adrenalin seperti berjalan di atas jembatan goyang.

6. Ruang Pertemuan

Karena memiliki suasana yang indah dan tenang, sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan pertemuan tertentu ataupun meeting di kebun ini. Oleh sebab itu, pengelola juga memfasilitasi ruang pertemuan khusus untuk wisatawan yang biasanya dari komunitas kantor.

7. Kolam Renang Anak

Jika membawa anak kecil, bisa membawanya pada wahana kolam renang khusus anak. Dalam kolam ini juga sudah tersedia wahana air sederhana dengan ketinggian kolam yang dangkal.

8. Mushola dan Kamar Mandi

Mushola yang disediakan tentunya terjamin bersih dan gratis. Sementara untuk ke kamar mandi ada biaya tambahan yang bisa dibayar pada petugas yang menunggu kamar mandi.

9. Penjual Makanan dan Minuman

Tidak perlu khawatir kelaparan saat mengelilingi berbagai objek wisata di kebun Mangunan. Banyak penjual makanan dan minuman yang berada di luar maupun di dalam kawasan ini.

Waktu yang Tepat Berkunjung

@sulis_telo

Jika ingin menyaksikan sunset, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sebelum matahari terbit. Atau bisa mengunjunginya pada sore hari dan bermalam di kawasan ini untuk menyaksikan sunrise pagi harinya.

Namun, jika hanya sekadar ingin berwisata tanpa menyaksikan sunrise, maka kapan saja bisa berkunjung ke sini. Areanya sejuk walaupun siang hari, sehingga tidak perlu kepanasan terkena sinar matahari.

Fasilitas serta keindahan alam yang disajikan Kebun Buah Mangunan tergolong sangat lengkap. Dalam satu kawasan, bisa menemukan berbagai objek wisata dan wahana yang menyenangkan. Tidak heran jika lokasi ini sangat cocok menjadi tujuan wisata keluarga yang indah dan terjangkau.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *