Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Pantai Parangtritis

3 min read

tiket masuk parangtritis

Jogja dengan segala kearifan lokalnya menyimpan segudang potensi wisata yang juga sudah tersohor hingga luar negeri. Salah satunya tempat wisata Pantai Parangtritis yang khas dengan pasir hitamnya. Pantai Parangtritis berlokasi sekitar 28 km bila mengambil titik keberangkatan dari pusat Kota Jogja.

Terkenal dengan ombaknya yang besar, tidak membuat wisata Pantai Parangtritis Jogja sepi pengunjung. Sebaliknya hal tersebutlah yang menjadi daya tarik wisata alam Jogja yang sering dijadikan destinasi utama bagi pelancong hingga saat ini.

Sejarah Pantai Parangtritis

pantai parangtritis jogja
@naufalardytha_15

Tahukah Anda wisata Parangtritis memiliki nilai sejarah yang jarang diangkat ke permukaan. Hal ini juga yang membuat pantai dikaitkan dengan dua hal sekaligus, yakni magis sekaligus indah. Beberapa literatur kuno Jawa menyebutkan bahwa pantai ini pertama kali ditemukan oleh Dipokusumo.

Seorang buronan dari Kerajaan Majapahit dan memutuskan untuk bersemedi di tempat ini. Di tempatnya bersemedi ia melihat air tumaritis, atau diartikan sebagai air yang menetes dari celah parang atau celah karang yang besar.

Dari sanalah penamaan Parangtritis muncul dan melekat hingga sekarang. Cerita turun temurun ini sekaligus menjadi satu dari banyaknya cerita Pantai Parangtritis, yang masih kental melekat di benak masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

letak pantai parangtritis

Berapa harga tiket masuk Parangtritis? Tenang, tidak perlu takut dompet jebol karena wisata alam ini hanya perlu dibayar dengan nominal sebesar Rp10.000,-. Dengan membayar tiket retribusi Anda akan mendapatkan bayaran yang lebih besar. Ya, Pantai Parangtritis Bantul sepenuhnya bisa Anda jamahi.

Begitu pula dengan tempat wisata dekat Parangtritis yang bisa dikunjungi hanya dengan sekali bayar. Anda bisa mengunjungi Gumuk Pasir tidak jauh dari bibir pantai atau juga bisa mengunjungi pantai lainnya. Seperti mengunjungi Pantai Depok yang tidak kalah memesona.

Bagaimana? Menarik bukan suguhan pemandangan lepas pantai berpadu dengan pasir hitam. Sebelum sempat berkunjung Anda bisa mencari gambar Pantai Parangtritis di Instagram, atau sekedar mencari contoh spot foto untuk nanti dicari di pantai.

Lokasi Pantai Parangtritis

tiket masuk parangtritis
@xotransport

Letak Pantai Parangtritis bila ditinjau dari peta digital terlihat begitu dekat. Berbekal kendaraan beroda 4 Anda bisa menjangkau objek wisata yang letaknya sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Jogja. Perjalanan memakan waktu 50 menit, bila tidak bertemu hambatan.

Alamat Pantai Parangtritis: Jl. Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Anda bisa dengan mudah mengakses pantai ini karena banyak rute utama yang mengarah ke objek wisata. Bila kesulitan mengikuti peta digital jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar.

Aktivitas dan Objek Wisata di Pantai Parangtritis

wisata pantai parangtritis
@dyahseptari

Banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan bahkan dalam satu hari penuh. Tidak perlu jauh-jauh menyambangi tempat lain, pantai ini menyediakan area yang luas untuk Anda jelajahi. Apa saja rekomendasi aktivitasnya?

1. Bermain Air dan Pasir Pantai

Aktivitas ini mungkin terkesan membosankan, namun cobalah untuk bermain keduanya bersama teman atau keluarga. Kegiatan murah sekaligus menghibur ini jadi sarana untuk mendekatkan diri dengan orang terkasih.

Perlu diingat, jangan bermain air terlalu jauh ke lepas pantai karena ombak laut Parangtritis yang tinggi dan cenderung berbahaya. Cukup bermain di bibir pantai sambil menikmati deburan ombak yang sampai ke pinggir pantai.

2. Berkuda

Ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati pantai pasir hitam ini? Anda bisa coba menjelajah objek wisata dengan menyewa tunggangan kuda. Cukup banyak warga yang menyewakan kudanya untuk mengantar Anda berkeliling pantai dengan serunya.

Hanya dengan membayar tarif sekitar Rp20.000,- hingga Rp50.000,- untuk sekali jalan, dijamin pengalaman unik bisa didapat. Biasnya penyewa kuda akan bersiap di dekat pantai dari pagi hingga sore.

3. ATV

Lain dari kuda Anda juga bisa menjajal serunya bermain ATV di pinggir pantai. Ajang balapan bisa digelar dengan teman. Anda bisa menjelajah pesisir pantai berbekal ATV hanya dengan membanderol Rp50.000,- hingga Rp100.000,-.

Durasi penyewaan ATV tergantung pada uang yang dibayarkan minimal anda bisa berkelana selama 30 menit untuk satu kali peminjaman. Anda juga bisa mengajak satu teman untuk dibonceng di jok belakang.

4. Berfoto

Tidak lengkap liburan bila tidak mengabadikan momen lewat foto. Terlebih untuk mendapatkan hasil foto terbaik dan diunggah ke media sosial. Keindahan Pantai Parangtritis bisa dimanfaatkan untuk mendapat foto terbaik.

Bila berfoto dengan latar pemandangan Pantai Parangtritis dirasa kurang cukup, maka Anda bisa sedikit berjalan ke arah timur menuju Gumuk Pasir Hitam. Di sana Anda bisa mendapat latar foto yang tak kalah menarik dari bibir pantai.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Anda senang menantikan momen sunrise dan sunset? Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan epik keduanya. Terlebih sunset Pantai Parangtritis yang sudah tersohor karena perpaduan elemen warnanya yang cukup memikat mata.

Untuk bisa menikmati sunrise Anda harus rela menginap dulu di objek wisata ini. Tidak perlu memululu menyewa penginapan, Anda bisa membangun tenda sendiri di pinggir pantai sambil membuat api unggun untuk menghangatkan diri.

Kisah Mitos Pantai Selatan Parangtritis

alamat pantai parangtritis
@innes_may

Parangtritis tanpa mitos, maka bukan Parangtritis namanya. Mitos sudah lama melekat bahkan sudah banyak dijadikan legenda kepercayaan bagi banyak orang. Di antaranya kisah Nyi Roro Kidul sang pemegang kerajaan laut selatan termasuk Pantai Gunung Kidul.

Namun, ada sedikit perbedaan cerita versi kebudayaan Jawa dan umum. Menurut mitologi kebudayaan Jawa, Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul adalah orang yang berbeda. Terlepas dari dua versi cerita, banyak petinggi negara yang pernah bertemu dengan sosok cantik yang identik dengan warna hijau.

Dari sana juga beredar bahwa setiap pengunjung dilarang mengenakan baju berwarna hijau. Bila iya, orang tersebut terancam menghilang dan dibawa ke kerajaan laut milik Nyi Roro Kidul.
Tidak untuk ditakuti, namun ada baiknya pengunjung menghargai mitos tersebut dan mengenakan pakaian pantai sopan.

Fasilitas

Berbicara tentang fasilitas, pantai ini memiliki banyak fasilitas pendukung karena banyak mendapat perhatian langsung dari pemerintah daerah. Tidak perlu khawatir bagi pengunjung setengah hari tetap bisa berkunjung dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Lahan parkir kendaraan yang luas
  • Spot foto ikonis
  • Mushola
  • Kedai makan
  • Penyewaan matras
  • Penyewaan ATV dan kuda

Penginapan di Pantai Parangtritis

Memutuskan untuk tinggal sejenak di pantai ini? Tentu Anda bisa. Terdapat banyak pilihan penginapan yang bisa disesuaikan dengan jumlah orang, terlebih dengan budget yang dimiliki. Lebih asyiknya lagi penginapan sekitar pantai tidak dipatok dengan harga tinggi.

Berkisar dari Rp70.000,- hingga Rp300.000,- Anda bebas memilih penginapan biasa hingga hotel di Pantai Parangtritis dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Pilihlah penginapan yang sekiranya mudah dijangkau dan mengedepankan faktor keamanan.

Ketika berkunjung ke sini, jangan lupa persiapkan fisik dan uang yang cukup untuk pengalaman libur yang tak terlupakan. Selain mengunjungi Pantai Parangtritis Anda juga bisa mengunjungi Pantai Indrayanti yang tak kalah indah pemandangannya.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *