Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Museum Gunung Merapi

3 min read

museum merapi kaliurang

Berdiri di sekitar wilayah kaki Gunung Merapi Jogja, objek wisata Museum Gunung Merapi kini banyak dijadikan destinasi edukasi. Di dalamnya Anda bisa belajar banyak hal tentang sejarah hingga tentang sains. Tidak kalah seru dari kunjungan ke Museum Ullen Sentalu.

Berbagai ornamen dan koleksi Museum Merapi bisa dilihat dengan jelas. Pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa pemandu wisata untuk pengalaman yang lebih berbeda.

Sekilas Singkat Museum Gunung Merapi

museum merapi jogja

Sejarah Museum Merapi mengatakan, bahwa bangunan yang diresmikan tahun 2010 ini menyimpan beragam benda peninggalan letusan gunung berapi. Tidak hanya periode letusan terbaru sekitar tahun 2000 an, tapi juga beberapa periode sebelumnya sekitar tahun 1900 an.

Dibangun dengan arsitektur unik yang tinggi. Bangunannya Museum Merapi Jogja merepresentasikan megahnya gunung merapi sebagai pasak bumi yang berada di tanah Jawa.

Pengunjung kebanyakan terkesima dengan arsitektur luarnya, padahal di dalam terdapat banyak keunikan lainnya.

Anda juga bisa mencari tahu bagaimana asal usul Gunung Merapi dari Gunung Merapi purba hingga saat ini mengalami pengikisan. Edukasi semacam ini ampuh dikenalkan pada si kecil untuk menstimulasi pola pikirnya rentang segala peristiwa alam.

Isi Museum Gunung Merapi juga memuat barang yang terkena erupsi lava panas. Lalu dibagi ke beberapa bagian di dalam museum. Tata letak yang baik memudahkan pengunjung untuk menganalisis sendiri.

Harga Tiket Masuk Museum Merapi

museum merapi kaliurang

Untuk tiket masuk sendiri pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- untuk bisa menjelajah sepuasnya di dalam museum. Dengan tiket semurah ini Anda bisa mendapat segudang ilmu baru yang akan bermanfaat.

Jam Buka Museum Gunung Merapi

film gunung merapi

Museum Gunung Merapi Yogyakarta memiliki jam operasional yang unik. Bila pada dasarnya kegiatan dimulai sejak hari Senin, justru museum ini memilih libur dan buka di hari weekend. Ini memungkinkan bagi siapa pun berkunjung di hari libur. Berikut rincian jam buka museum:

  • Senin : Libur
  • Selasa : Buka jam 08.00 – tutup jam 15.00
  • Rabu : Buka jam 08.00 – tutup jam 15.00
  • Kamis : Buka jam 08.00 – tutup jam 15.00
  • Jumat : Buka jam 08.00 – tutup jam 14.30
  • Sabtu : Buka jam 08.00 – tutup jam 15.00
  • Minggu : Buka jam 08.00 – tutup jam 15.00

Anda bebas memilih mengunjungi museum di hari apa saja. Namun, bila akan datang secara rombongan Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi nomor: (0274) 896 498.

Lokasi Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi yogyakarta

Museum Merapi Kaliurang terletak di Jl. Kaliurang Km.22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Masih di dalam ruang lingkup kota istimewa membuat siapa pun bisa menjadikannya destinasi wisata ketika berlibur.

Objek Wisata yang Menarik

museum merapi

Selain berupa museum biasa dengan koleksi erupsi yang masih utuh tanpa dibersihkan, museum ini juga banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa digunakan dengan nyaman. Terlebih bisa menambah ilmu pengetahuan. Ada apa saja? Berikut pemaparannya:

1. Replika Gunung Merapi

Begitu masuk ke dalam museum Anda akan disambut dengan replika Gunung Merapi yang besar. Uniknya replika ini bisa mengeluarkan awan erupsi panas, sehingga penggambaran kejadian bisa dilihat secara nyata.

Jarang-jarang Anda bisa melihat secara langsung bagaimana proses erupsi Gunung Merapi yang sangat mirip dengan aslinya. Maka beruntung bila Anda yang datang berkunjung bisa melihat atraksi mini ini. Gambaran secara langsung bisa Anda rasakan, bahkan Anda abadikan.

2. Barang yang Terkena Erupsi

Mungkin sebagian orang tidak mengenal apa itu erupsi dan bagaimana dampaknya. Di dalam museum ini berbagai macam contoh barang yang terkena dampak disusun dan dipajang rapi di etalase bening.

Ini bisa jadi gambaran bagaimana dahsyatnya semburan lava panas yang tumpah ke pemukiman setempat. Hampir semua benda terlihat tidak utuh dan sebagian lagi mengalami sedimentasi karena lava mengering.

3. Lorong Simulasi

Ada yang unik di dalam museum ini, namanya Lorong Simulasi. Lorong simulasi yang dibuat menggunakan teknologi LCD ini mampu memberikan efek nyata untuk simulasi berbagai peristiwa bencana alam, mulai dari erupsi, gempa, banjir hingga tsunami.

Dibekali teknologi terkini nantinya pengunjung dapat merasakan bagaimana asal mula, hingga dampak dari terjadinya peristiwa alam yang marak terjadi di Indonesia. Objek ini bagian dari tur wisata di dalam museum yang tidak boleh Anda lewatkan.

4. Teater Mini

Setelah puas melibatkan diri dalam simulasi bencana alam, Anda bisa beralih ke bagian teater mini. Dimana di dalamnya Anda bisa menonton film Gunung Merapi terbaru, atau film lainnya dengan durasi sekitar 25 menit untuk sekali peutaran.

Ruangan ini dibekali dengan teknologi yang tak kalah canggih dengan bioskop ternama. Fasilitas di dalamnya juga sangat memadai, mulai dari kursi yang empuk, layar dengan kualitas gambar teratas, hingga pendingin ruangan.

Fasilitas

Selain objek wisata yang beragam, fasilitas Merapi Volcano Museum juga sudah dikembangkan dan disesuaikan sedemikian rupa dengan kebutuhan pengunjung. Tidak kalah menarik dari museum lainnya, wisata edukasi ini menyediakan fasilitas cukup lengkap yang bisa digunakan secara gratis.

1. Lahan Parkir yang Luas

Hal terpenting ketika mengunjungi suatu objek wisata yakni lahan parkir. Tidak hanya luas, lahan parkir museum juga dibekali sistem keamanan tinggi. Tentunya dengan penjagaan yang ketat Anda bisa bebas berkeliling museum.

2. Toilet yang Nyaman

Tidak luput dari perhatian pengembang museum, toilet yang nyaman juga sengaja disediakan untuk menunjang kegiatan pengunjung selama di dalam museum. Namun, yang harus jadi perhatian yakni Anda juga harus turut dalam menjaga kebersihannya.

3. Ruang untuk Duduk

Ruang untuk duduk duduk juga disediakan, karena pihak pengelola mengerti bagaimana lelahnya pengunjung yang sudah berkeliling menghabiskan waktu di dalam museum. Maka dari itu, area istirahat kecil ini sengaja dibuat.

4. Teater dan Ruang Simulasi

Fasilitas dengan teknologi terintegrasi juga disematkan dalam museum ini. Anda bisa menikmati fasilitas ruang teater dan simulasi untuk pengalaman pembelajaran yang real. Ini juga bisa memanjakan Anda karena belum tentu fasilitasnya bisa dinikmati di tempat lain.

5. Pemandu Wisata yang Mumpuni

Tidak perlu takut kebingungan mencari arahan atau sekedar informasi tentang koleksi museum. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pemandu wisata untuk menemani perjalanan Anda mengelilingi museum ini. Bukan asal pemandu, mereka bisa jadi orang ahli dibidangnya.

Masih banyak fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati di Museum Gunung Merapi ini. Rasakan sensasi berkeliling bangunan futuristik dengan suasana menyenangkan di dalam ruangan. Anda juga bisa sepuasnya berfoto di dalam maupun di luar museum ikonik ini.

Tidak perlu melulu datang ke Pantai Parangtritis, cobalah datang berkunjung ke tempat Museum Gunung Merapi dan ajak teman atau keluarga untuk pengalaman yang tidak terlupakan. Perhatikan juga jadwal kunjungannya, jangan sampai Anda berkunjung ketika museum sedang tutup.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.