Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Taman Sari Jogja

3 min read

wisata taman sari jogja

Cari destinasi bernuansa unik di tengah Kota Jogja? Anda bisa mengunjungi Taman Sari Jogja. Destinasi unik milik kesultanan yang dibuka untuk umum ini telah lama jadi primadona bagi para pengunjung.

Objek wisata Taman Sari Yogyakarta bisa jadi rujukan opsi wisata Anda dan keluarga atau teman terdekat. Lewat objek wisata ini bukan hanya kesempatan refreshing yang di dapat tapi juga kesempatan untuk menelusuri sejarah kesultanan Yogyakarta.

Sejarah Singkat Taman Sari Jogja

alamat taman sari jogja
@raniilarasati

Jogja yang sejak dulu merupakan bagian dari kota paling berkembang di Nusantara, ditandai dengan dibangunnya bangunan mewah bergaya arsitektur khas. Ini menandakan kemajuan peradaban saat itu. Salah satu jejak peninggalannya yakni Taman Sari Keraton Yogyakarta.

Taman Sari awalnya didirikan pada saat pemerintahan kesultanan awal oleh Sultan Hamengku Buwono I. Memakan waktu pembangunan hingga pengembangan bertahun tahun, diperkirakan bangunan ini selesai dikembangkan pada tahun 1765.

Objek yang sering disebut juga dengan Istana Air Taman Sari ternyata merupakan peninggalan kesultanan Yogyakarta. Sebenarnya tempat ini masih difungsikan sebagai tempat ritual bagi pihak keraton di hari tertentu.

Karena bangunannya yang tidak seutuh dulu akhirnya bangunan ini lebih difungsikan sebagai objek wisata. Bangunan klasik bergaya Jawa-Portugis jadi daya tarik tersendiri. Kebanyakan pengunjung mengunjungi wisata Taman Sari Jogja untuk berburu spot foto unik.

Jam Buka Taman Sari Jogja

taman sari keraton yogyakarta

Kampung Wisata Taman Sari ini mulai buka jam 8 pagi dan tutup jam 2 siang. Jam operasional yang sebentar mengharuskan Anda datang lebih awal, untuk dapat mengeksplor seluruh bagian dari objek wisata termasuk bisa menjamah tempat pemandian Taman Sari yang ikonik.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

alamat taman sari jogja
@thereal_dianpr

Taman Sari Water Castle, begitu orang asing menyebutnya, ternyata tidak mematok harga tiket masuk yang cukup tinggi. Padahal bila dibanding dengan keindahan tempat wisata, harga tiket bisa ditingkatkan. Tapi kembali ke harga asli, berikut pembagian harga tiket yang berlaku:

  • HTM untuk pengunjung domestik: Rp5.000,-
  • HTM untuk pengunjung mancanegara: Rp7.000,-
  • HTM untuk operasional kamera: Rp2.000,-

Anda juga bisa memanfaatkan jasa pemandu wisata dengan patokan bayaran Rp25.000,- untuk sekali jalan. Pemandu wisata yang ramah sekaligus menguasai materi secara mendalam bisa dijadikan narasumber bila memang diperlukan.

Lokasi Taman Sari Jogja

wisata taman sari jogja
@atiknurdianaa

Alamat Taman Sari Jogja berada di sekitar daerah Kraton, Patehan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang masih berada dalam satu ruang lingkup tengah kota, membuatnya jadi destinasi wisata yang tidak kalah sering dikunjungi selain Candi Borobudur.

Kisah Mitos

Tidak banyak yang tahu bahwa mitosnya ada salah satu lorong atau Jalan Taman Sari yang bisa tembus hingga ke pantai selatan. Ada sekitar 2 lorong bawah tanah dengan penamaan dan bentuk yang berbeda.

Lorong pertama disebut Urung-Urung Timur dengan panjang sekitar 45 meter. Sedangkan lorong ke 2 disebut Urung-Urung Sumur Gumuling dengan panjang sekitar 39 meter. Terlepas dari cerita mitos yang berkembang, justru lorong tersebut jadi tempat paling menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata di Kawasan Taman Sari Jogja

taman sari yogyakarta
@wiina151

Memiliki area wisata yang cukup luas Anda bisa terlebih dahulu meninjau peta Taman Sari, untuk memutuskan objek mana yang akan dikunjungi terlebih dulu. Sedikitnya ada 5 objek yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya memiliki spot foto ikonik.

1. Gedung Kenongo

Bangunan yang terlihat paling rapi dan kokoh berdiri ini jadi objek pertama yang bisa dikunjungi dari taman wisata terpadu taman sari. Bangunan megah ini difungsikan untuk menjamu para tamu kerajaan.

Dari luar anda bisa melihat betapa uniknya arsitektur bangunan tempo dulu yang juga kental dengan corak budaya Jawa. Anda juga bisa menemui kolam air yang terlihat bersih dan bisa dijadikan spot foto.

2. Kolam Taman Sari

Paling banyak dikunjungi objek kolam Taman Sari jadi primadona dalam kawasan objek wisata ini. Terbagi menjadi dua bagian dengan ornamen dinding yang terlihat sangat menarik menambah daya tarik objek ini.

Letaknya tidak jauh dari gerbang utama. Diyakini dulunya setiap kolam memiliki fungsi yang berbeda beda. Terlepas dari ceritanya kini keindahan objek utama jadi spot foto paling diburu di tempat ini.

3. Gapura Panggung

Sesuai namanya, panggung, dulu tempat ini dijadikan semacam altar untuk memberikan pidato atau pengumuman. Tentu saya dulu yang boleh menginjakkan kaki di tempat tersebut hanyalah raja dan keturunannya.

Kini siapa saja bisa menaikinya bahkan menggunakannya sebagai tempat berfoto yang unik. Ingat Anda juga perlu menjaga kebersihan dan keaslian ornamen. Jangan sampai merusak atau meninggalkan bekas sedikit pun.

4. Gapura Agung

Gapura cantik nan megah ini sudah sangat sering dijadikan latar tempat untuk pemotretan berbagai kesempatan. Reliefnya yang masih alami dengan ornamen otentik di sekitarnya menambah keindahan objek satu ini.

Relief yang tergambarkan cukup indah, yakni relief hidup bunga dan burung merpati yang indah. Anda juga bisa memanfaatkan objek ini untuk foto prewedding dengan kesan artsy yang menarik.

5. Sumur Gumuling

Disebut sebagai salah satu jalan pintas untuk tembus ke pantai selatan, nyatanya objek ini sangat dikagumi karena arsitekturnya yang unik. Lima tangga melengkung naik ke atas jadi daya tarik tersendiri.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa sumur ini juga merangkap menjadi masjid bawah tanah, sekaligus benteng pertahanan dari serangan musuh. Unik, bukan? Setiap pengunjung diperbolehkan untuk masuk dan melihat segala sisinya.

Hal yang Menarik

1. Arsitektur Bangunan Unik

Anda yang menyukai bangunan dengan arsitektur zaman dulu bisa pergi ke tempat ini. Keunikan utama dari bangunan ini adalah arsitekturnya. Bangunan mempesona dengan campuran arsitektur barat dan Jawa ini menyatu dengan sempurna.

2. Banyak Terdapat Kolam

Setidaknya ada 3 kolam besar yang menghiasi kompleks wisata taman sari. Di depan Anda akan disambut dengan 2 kolam kembar. Lalu sedikit berjalan ke dalam akan ada satu kolam besar lainnya yang tidak kalah indah.

3. Relief Otentik yang Masih Bagus

Pecinta relief unik di bangunan bersejarah bisa melipir ke tempat ini. Dimana terdapat banyak relief yang bisa diselami bentuk dan motifnya. Bisa juga jadi referensi untuk Anda yang suka akan relief Jawa kuno yang tak kalah indah dengan objek wisata Tebing Breksi.

4. Harga Masuk yang Murah

Tidak kalah menarik Anda bisa masuk ke tempat wisata indah ini hanya dengan bayaran yang murah. Ya, cukup dengan mengeluarkan Rp5.000,- Anda bisa mempelajari berbagai hal di sudut objek wisata ini.

5. Akses Menjelajah Sepuasnya

Akses menjelajah sepuasnya juga bisa Anda pegang. Namun, perlu diingat jam operasional yang terbatas justru juga membuat Anda tidak bisa tetap berdiam diri di objek ini hingga larut malam.

Menarik, bukan? Satu tempat dengan beragam spot foto indah bisa di dapatkan di Taman Sari Jogja. Wisata alam Jogja yang jadi rekomendasi lainnya yaitu Goa Pindul. Tidak begitu jauh dari pusat kota Anda juga tetap bisa mengunjunginya.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *