Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro

4 min read

wisata dekat malioboro

Memiliki trip singkat ke Jogja dan tidak tahu harus ke mana? Jangan khawatir karena ada beberapa opsi tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang dapat Anda kunjungi. Jadi, meskipun Anda datang dalam rangka perjalanan bisnis, masih tetap bisa menikmati keindahan Kota Gudeg ini.

Bagi yang mungkin sedang transit sebelum melanjutkan trip ke kota lain dan kebetulan membawa keluarga. Daripada bosan menghabiskan waktu di penginapan, tidak ada salahnya kalau berkeliling di kawasan wisata Jogja Kota. Dengan begitu, maka ada kenang-kenangan yang bisa didapatkan.

Daftar Tempat Wisata Jogja yang Dekat Malioboro

Tugu Jogja

@probsht

Ikon Kota Yogyakarta memang sekilas tampak biasa saja, terutama pada siang hari pasti terlihat lengang. Tapi tunggu saat malam menjelang, Anda akan dibuat takjub dengan aktivitas di sekitar Tugu Jogja. Oleh karenanya, jangan lupa mengabadikan foto di sini.

Jangan mengira kalau tempat wisata hits di Jogja ini hanya menyajikan sebuah tugu saja. Setelah puas berfoto Anda bisa nongkrong di angkringan yang berjajar di pinggir jalan, dan mencoba makanan khas Jogja, yaitu nasi kucing serta makanan lain yang murah meriah.

Monumen Jogja Kembali

@seta_a_p

Salah satu wisata dalam kota Jogja yang recommended untuk dikunjungi adalah, Monjali a.k.a Monumen Jogja Kembali. Mengusung konsep yang begitu apik, dijamin Anda tidak akan bosan berkeliling di sini. Apalagi, tempatnya juga sangat Instagramable.

Setelah lelah berkeliling, Anda bisa mencicipi kuliner khas Jogja di area food court dengan harga terjangkau. Pengunjung juga dapat membeli souvenir unik di bagian dalam gedung.

Sindu Kusuma Edupark

@andriwiraphoto

Jaraknya hanya sekitar 15 menit dari Jogja Malioboro, selayaknya taman rekreasi Anda bisa menemukan berbagai wahana edukasi dan bermain di sini. Kalau ke SKE, jangan lupa mencoba Bianglala Cakra Manggilingan setinggi 48 meter yang terkenal di tempat ini.

Mengusung bird eye view 360, dari atas pengunjung dapat menyaksikan indahnya Jogja, dan Gunung Merapi di kejauhan. Setelah mencoba wahana Jogja kekinian tersebut, Anda bisa mencoba atraksi yang lainnya, misalnya saja House of Terror, atau Spinning Cup.

Kebun Binatang Gembira Loka

@kampusternak

Sedang mencari tempat wisata keluarga di Jogja? Anda bisa berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka. Di sini, Anda bisa mengenalkan buah hati tersayang dengan berbagai macam hewan yang ada. Selain itu, biasanya juga ada atraksi binatang pada jam-jam tertentu.

Kebun binatang ini tidak jauh dari lokasi Malioboro, Anda bisa menggunakan bus Trans Jogja, becak, delman, atau taksi untuk sampai ke sana. Oleh karenanya, jangan lupa menyempatkan waktu ke Gembira Loka saat berada di Jogja.

Pasar Beringharjo

@joni_nuryanto

Suasana Jogja yang begitu kental akan Anda rasakan ketika memasuki area Pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan pusat oleh-oleh dan kerajinan tangan khas Yogyakarta. Jadi, kalau Anda mau belanja souvenir murah meriah, Beringharjo adalah jawabannya.

Bukan hanya dikunjungi wisatawan, masyarakat lokal juga banyak yang suka belanja di Beringharjo. Hal tersebut tidak lain karena harga barang yang negotiable, dan pilihannya juga banyak. Tidak mengherankan kalau kaum perempuan, khususnya ibu-ibu betah di sini.

Titik Nol Kilometer

@fittfitriii

Anda belum ke Jogja kalau melewatkan Titik Nol kilometer yang merupakan pusat tengah kota. Terletak di Jalan Malioboro yang terkenal, tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik siang maupun malam.

Selain duduk-duduk di taman pinggir jalan, ada banyak kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari berfoto bersama ikon karakter animasi tertentu, hantu, hingga reptil seperti ular. Biasanya di kawasan ini juga sering digelar atraksi oleh komunitas tertentu.

Museum Benteng Vredeburg

@meryanda_intan

Letaknya tidak begitu jauh dari Pasar Malioboro, mungkin hanya sekitar 100 m. Museum ini menawarkan diorama sejarah Indonesia yang menarik untuk dilihat, khususnya bagi pecinta histori. Di sini, Anda dapat menyaksikan berbagai benda peninggalan para pahlawan.

Taman Sari Jogja

@herusanjaya

Bagi pemburu foto keren dan kekinian, maka Taman Sari atau Water Castle adalah salah satu referensi tempat Instagramable di Jogja yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Dari Malioboro, jaraknya hanya sekitar 3 km saja, tapi Anda juga bisa naik becak atau delman.

Kompleks bangunan yang merupakan bekas bangunan istana ini adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Jogja. Ada banyak sekali sudut yang dapat di explore, dan setiap bagiannya menyuguhkan pemandangan kuno, namun klasik dan fotogenik.

Alun-alun Selatan atau Alkid

@faajarkp

Destinasi wisata malam Jogja ini selalu ramai dengan pengunjung. Di sini, Anda bisa hunting kuliner, berkeliling alun-alun dengan odong-odong, hingga mencoba permainan berupa tantangan melewati beringin kembar dengan mata terpejam.

Pada siang hari, Anda tidak akan menemukan apa-apa di sini selain penjual makanan ringan. Namun menjelang sore hingga larut malam, Anda dapat melihat betapa sibuknya Alkid dengan berbagai celoteh orang-orang yang menghabiskan waktu nongkrong di sini.

Warung Boto

@lyalyane

Tidak jauh dari obyek wisata Malioboro, terdapat sebuah pesanggrahan bernama Rejowinangun, atau yang lebih terkenal dengan nama situs Warungboto. Bekas tempat pemandian ini menawarkan bangunan dengan arsitektur bergaya kuno yang sangat klasik.

Warungboto mulai menarik perhatian publik setelah putri dari Presiden Joko Widodo melakukan sesi foto pre wedding di tempat ini. Sejak saat itu, situs bekas pesanggrahan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal, maupun dari luar kota, dan luar negeri.

Kraton Yogyakarta

Jika Anda memiliki minat tinggi terhadap hal-hal berbau sejarah dan budaya, maka Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi. Meskipun begitu, hanya ada beberapa area saja yang dibuka untuk publik, sementara yang lainnya adalah private.

Di dalam keraton, Anda dapat melihat berbagai benda dari masa lalu yang dipajang, seperti dokumen bertuliskan aksara Jawa kuno, kereta kencana yang digunakan oleh para raja, dsb. Setelah puas berkeliling, Anda bisa menyambangi pantai di Jogja dekat Malioboro atau ke Pantai Indrayanti.

Museum Sonobudoyo

@arizzack

Salah satu destinasi wisata dekat Malioboro yang recommended untuk dikunjungi adalah Museum Sonobudoyo. Anda dapat melihat koleksi budaya serta sejarah Jawa versi terlengkap, setelah Museum Nasional Republik Indonesia di tempat ini.

Ada keramik yang berasal dari era neolitikum, patung perunggu khas abad ke-8, hingga benda kesenian Jawa klasik seperti wayang kulit, keris, topeng jawa, serta senjata kuno.

Pasar Malam Sekaten

@nur.mustaqim

Masih berada di kawasan Malioboro, pameran perayaan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh pihak Keraton Ngayogyakarta memang selalu menarik perhatian. Apalagi, perayaan tersebut diikuti pembukaan pasar malam selama sebulan.

Suasana meriah dapat langsung terlihat ketika Sekaten mulai dibuka, terutama pada malam hari. Ada berbagai wahana menarik yang dapat dicoba, dan atraksi yang worth to watch. Oleh sebab itu, jika berencana explore Jogja sebaiknya sesuaikan dengan jadwal Sekaten.

Apabila Anda memiliki waktu luang, selain mengunjungi tempat wisata Jogja dekat Malioboro, direkomendasikan untuk menyambangi berbagai kawasan wisata alam Jogja lainnya. Contohnya adalah Pantai Parangtritis yang jaraknya hanya sekitar 1.5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *