Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Pantai Glagah

3 min read

sejarah pantai glagah

Sejak bandara baru Yogyakarta International Airport alias YIA dioperasikan, Kabupaten Kulon Progo memang semakin menarik perhatian para pelancong. Salah satu objek wisatanya yang mulai dikenal luas adalah Pantai Glagah, pantai berpasir hitam dengan deburan ombaknya yang besar.

Pantai Gelagah memiliki akses jalan yang mulus karena sudah diaspal. Jadi, Anda tidak perlu cemas membayangkan perjalanan melelahkan karena infrastruktur tidak memadai. Selain menyuguhkan pemandangan berupa lautan lepas, masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini.

Mengenal Pantai Glagah

sejarah pantai glagah

Pantai Glagah Indah merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kulon Progo – Yogyakarta. Pantai ini mempunyai pasir berwarna hitam karena mengandung material besi. Anda bisa melihat proses penambangannya di kawasan Pantai Kulon Progo yang lain.

Di sisi lain, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan pemecah ombak Pantai Glagah menjadi daya tarik tersendiri yang menggiring banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Selain itu, ada pula laguna alami dimana Anda bisa mengelilinginya dengan perahu motor, jadi pasti akan seru sekali.

Menawarkan pemandangan alam yang super Instagramable, wajar jika Glagah menjadi pantai paling nge-hits di seantero Kulon Progo. Pantai Kulonprogo ini bahkan tidak pernah sepi, meskipun pada low season. Apalagi, para muda mudi memang menjadikannya sebagai tempat nongkrong favorit.

Selain semua pesona yang ditawarkannya, pantai ini juga tidak luput dari hal-hal berbau magis. Terdapat sebuah mitos Pantai Glagah yang dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah keberadaan sosok Nyi Roro Kidul dan misteri istana gaibnya.

Berapa Harga Tiket Masuk Pantai Glagah Jogja

pemecah ombak pantai glagah

Salah satu hal yang kerap dipertanyakan oleh wisatawan sebelum mengunjungi objek wisata tertentu adalah berapa biaya tiket masuknya? Anda tidak perlu khawatir karena tiket retribusi di Pantai Glagah Yogyakarta hanya mengharuskan pengunjung merogoh kocek sebesar Rp4.000,- per orang.

Sementara itu, uang parkir kendaraan yang harus disiapkan juga dijamin tidak akan membuat isi kantong terkuras. Untuk sepeda motor, tarifnya adalah Rp3.000,- per unit, sedangkan mobil Rp10.000,- per unit.

Lokasi Pantai Glagah

pantai glagah purworejo

Alamat Pantai Glagah berada di Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 15 km apabila ditempuh dari Kota Yogyakarta. Jadi, dalam kurun waktu sekitar 1 jam Anda sudah bisa sampai ke destinasi wisata pantai unik ini. Tidak begitu jauh, bukan?

Akses atau Rute Menuju ke Pantai Glagah

Jika berangkat dari Kota Jogja, Anda bisa mengambil rute jalur Jalan Raya Wates ke Purworejo. Anda akan melihat papan petunjuk belok kiri yang mengarah ke Pantai Glagah Wates. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa pergi dengan bus umum, hanya saja akan lebih ribet.

Selain dari pusat kota Jogja, Anda juga bisa mengambil rute melalui Jalan Bantul, kemudian belok ke kanan arah Purworejo. Di lampu lalu lintas Palbapang, langsung belok kanan lewat Jl. Srandakan, terus saja melewati jembatan. Setelah bertemu lampu lalu lintas berikutnya, Anda tinggal belok kiri.

Kalau Anda ingin mencoba dengan bus umum, maka bisa naik bus rute Jogja-Wates di Terminal Giwangan.

Setelah sampai Terminal Wates, ambil bus umum jalur Pantai Glagah atau Pantai Congot/Pantai Trisik. Kalau kemalaman, Anda tinggal mencari penginapan di Kulonprogo yang murah.

Objek Wisata yang Menarik

mitos pantai glagah

1. Dermaga Panjang dengan Hamparan Tetrapod Beton

Salah satu objek wisata Glagah yang paling mencuri perhatian adalah dermaga pantai dengan tetrapod beton membentang. Tetrapod tersebut mengusung struktor beton dengan empat kaki yang disusun secara rapi di sepanjang dermaga Pantai Glagah.

Pada bagian tengah barisan tetrapod dibangun sebuah jalan setapak menuju tengah laut. Jalan ini adalah akses untuk menuju dermaga, namun banyak dimanfaatkan sebagai area memancing, dan hunting foto-foto keren untuk diunggah ke berbagai sosial media.

2. Laguna

Selain dermaga tetrapod beton yang menjadi ciri khasnya. Pantai ini juga memiliki sebuah laguna indah, dimana wisatawan dapat mencoba berbagai wahana air, seperti mengelilingi seluruh bagian laguna dengan kano, perahu kayu, hingga sampan kecil.

Kalau Anda kebetulan berlibur ke Glagah bersama keluarga tercinta, maka bisa mengajak anak bermain di laguna. Baik itu menjelajah laguna, maupun hanya sekedar memancing.

3. Stupa Cagar Budaya

Sejarah Pantai Glagah sangat erat hubungannya dengan desa tempat di mana objek wisata tersebut berada, yakni Desa Glagah. Di kawasan pantai ini, Anda akan menemukan situs bersejarah yang dinamakan Stupa Cagar Budaya.

Menurut cerita penduduk lokal, stupa tersebut adalah peninggalan dari abad ke-6 Masehi. Tepatnya pada pemerintahan Bupati Cangkring, Kadipaten Sios. Tempat berdirinya bangunan stupa juga diyakini sebagai lokasi pertapaan Nyi Sekar Kenanga.

4. Perkebunan Buah Naga

Tidak jauh dari Pantai Gelagah, terdapat perkebunan buah naga dengan nama Agrowisata Kusumo Mandiri. Pada masa musim buah naga, Anda bisa membeli dengan cara memetik buah naga langsung dari pohonnya. Harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah.

5. Hunting Sunset

Kalau senggang, maka Anda bisa berkunjung ke Pantai Glagah Kulon Progo pada sore hari menjelang matahari tenggelam. Anda dapat melihat dan mengabadikan fenomena sunset terbaik, dimana deburan ombak keras berada dalam 1 frame dengan senja yang indah.

6. Menjelajah Pantai dengan ATV

Di Pantai Glagah Purworejo terdapat tempat penyewaan motocross. Jadi, kalau Anda tidak mau keliling pantai dengan berjalan kaki, maka bisa memutuskan menyewa ATV dan menjelajah semua area sekitar pantai tanpa harus takut capek.

7. Hunting Kuliner

Tahukah Anda kalau Pantai Glagah merupakan salah satu tempat hunting kuliner seafood Jogja terbaik? Anda yang menyukai masakan laut wajib mencoba berbagai menu wisata kuliner di sini. Apalagi, variasi bahan dan citarasa masakan yang disajikan berbeda-beda.

Keunikan Pantai Glagah

kuliner seafood jogja

Saat menginjakkan kaki di pelataran Pantai Glagah Jogja, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan berupa laguna serta tetrapod beton yang terhampar di sepanjang dermaga. Tetrapod tersebut sendiri berfungsi sebagai pemecah ombak, terlebih karena Glagah memiliki ombak besar.

Dengan adanya tetrapod, maka ombak tidak bisa mencapai bibir pantai. Dengan begitu, maka keselamatan pengunjung akan lebih terjamin. Susunan tetrapod yang ikonik ini tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu ciri khas dari Glagah.

Di sisi lain, laguna alami berupa cekungan telaga luas berair tenang yang tepiannya ditumbuhi rumput liar juga menjadi keistimewaan tersendiri bagi pantai di Kulon Progo ini. Apalagi, umumnya laguna di pantai terbuat dari batuan karang, dan pasir. Dengan kata lain, laguna buatan.

Fasilitas Pendukung

  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Warung makanan
  • Mushola
  • Kolam renang anak
  • Toko souvenir
  • Tempat istirahat
  • Parkir luas
  • Penyewaan wahana air

Tidak kalah dengan Bantul yang memiliki Pantai Parangtritis, dan Gunung Kidul dengan deretan pantai berpasir putihnya. Wisata Pantai Kulon Progo juga tidak kalah indahnya. Selain berkunjung ke Pantai Glagah, Anda juga bisa sekalian mampir ke Pantai Bugel yang letaknya tidak begitu jauh.

Abella Azzahra Seorang Mahasiswi Jurusan Pariwisata yang Sedang Menempuh Pendidikan di Salah Satu Universitas di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.